Dapat Support PT Jawara, Empat Kelompok Petani Jagung Menunggu Respon Fintech

0
79
Kepala Desa Taan, Rahmat Kasim, bersama petani jagung di desanya merampungkan persyaratan empat kelompok usaha bersama (KUB) dengan jumlah 100 petani dan 100 hektar lahan.

Dapat Support PT Jawara, Empat Kelompok Petani Jagung Menunggu Respon Fintech

Laporan : Suaib. H
Editor : Sulaeman Rahman
Sumber : Liputan33.com

MAMUJU, LIPUTAN33.COM- Empat kelompok usaha bersama (KUB) petani jagung di Mamuju terbentuk, pekan lalu, setelah mendapat support PT Jawara Unggul Sejahtera.

Seperti diketahui Direktur Utama PT Jawara Unggul Sejahtera, Basaruddin, terhitung sudah dua kali menggelar pertemuan dengan kepala desa dan petani jagung di Desa Taan, Kecamatan tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

PT Jawara merupakan mitra financial technology atau fintech yang berkantor pusat di Jakarta. Petani jagung di Taan menjadi salah satu binaannya.

Di aula kantor desa, petani jagung berkumpul utk melakukan kelengkapan administrasi sebagai persyaratan registrasi ke PT Jawara Unggul Lestari.

Kepala Desa Taan, Rahmat Kasim, mengatakan data CPCL (calon petani calon lahan) empat kelompok tani atau KUB sudah siap. Yakni KUB Taan I, II, III dan IV. Masing-masing kelompok menyiapkan 25 hektar lahan.

“Insya Allah sisa penyelesaian data administrasi, dan minggu ini sudah siap diserahkan ke perusahaan (PT Jawara, red),” ujar Rahmat.

Dari Jakarta dikonfirmasi via WhatsApp, Dirut PT Jawara Basaruddin, Sabtu (24/8), menjelaskan kelengkapan persyaratan yang harus dilampirkan petani jagung antara lain KTP, kartu keluarga, keterangan kepemilikan lahan, dan nomor HP masing-masing petani serta rekening bank.

“Persyaratan ini mutlak untuk pengusulan ke fintech mitra Jawara,” urai Basaruddin, yang akrab disapa Udin.

Dia menjelaskan, 600 petani binaan Jawara di Palu, Sulawesi Tengah, pekan lalu telah menerima kucuran kredit berbunga rendah dan persyaratan mudah dari Fintech Danamas. Kemungkinan besar, petani jagung Sulawesi Barat juga akan menerima kredit dari pendana ini.

Kepala Desa Taan, berharap Fintech Danamas sebagai mitra pendana PT Jawara Unggul Sejahtera segera merespon petani jagung di desanya.

“Kami berharap respon dari fintech sebagai pemberi dana kredit bagi petani jagung di daerah kami,” tutur Rahmat Kasim. (***)

LEAVE A REPLY